Bertumbuh (Lagi) - Berproses (Terus).

Desember 31, 2017


Sudah berapa usia kita di dunia ? Kira-kira visi misi kita sudah ada yang terlaksana atau justru masih ada yang tersendat ? Kalau sudah terlaksana, sudah sejauh manakah peran kita ? Atau justru masih bermanfaat untuk diri sendiri sajakah ? Yoww, mari kita kroscek!

***
  Ini ada angin apa ya ngomong serius begini hahaha. Enggaklah, enggak seserius itu kok. Enggak ada maksud apa-apa juga. Postingan kali ini pun sebagai apresiasi kepada diri sendiri selama 365 hari di tahun 2017 Alhamdulillah dikasih rahmatan oleh Allah dengan nikmat tiada tara. Yas! Tulisan ini pure buat reminder. Selama tahun 2017, saya tidak begitu banyak menuliskan resolusi di atas mading yang selalu tertempel rapi di dinding kamar. Hanya beberapa saja dan sedikit lebih fokus. Mengapa tidak banyak ? Ya, sebab saya yakin bahwa kebaikan-kebaikan lainnya akan ikut serta mengikuti langkah hati seseorang. Lillahi ta’alaa, bukan karena sopo-sopo hehe.
  Dibalik pencapaian di tahun ini, tentu ada ‘alasan’ mengapa saya mengambil pilihan begini-begitu dan sebagainya. Ya, kurang lebih seperti ini :
1. On time dan disiplin.
Hahaha ini jadi poin pertama, karena ini menjadi keluhan yang datangnya bukan dari saya seorang, melainkan dari orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman. Saya bisa dibilang manusia yang hobi banget telat setiap kali ada buat janji sama teman-teman. Kalau gak telat, ya lupa. Dua hal itu adalah kebiasaan buruk paling krusial dari diri saya. Sampai teman-teman di kampus pernah sengaja buat jadwal ketemuan 1,5 jam lebih cepat supaya saya enggak datang telat. Well, sebenarnya itu bukan karena saya malas. Setelah saya sadari, itu justru karena saya belum bisa belajar prioritas dengan apa-apa yang harus saya lakukan terlebih dahulu. Misalkan, saya sholat Subuh jam setengah 6 pagi. Terus, saya ada jadwal ketemuan hari itu jam 9 pagi. Lah harusnya saya kan siap Subuh bisa langsung mandi tuh. Nah, waktu itu malah saya lebih milih buka laptop dulu. Ngapain ? Ngelanjutin tulisan hahaha. Entah tulisan apa aja, yang penting tuh tiap pagi selalu ada aja yang saya tulis. Kelewatan produktif atau memang gak punya kerjaan selain itu ya hahaha.
Lalu, gilirannya saya sudah nyentuh laptop, yaudah jadi lupa diri. Keenakan nulis, apalagi kalau pas idenya muncul dan lagi semangat-semangatnya. Habislah perkara ingin datang tepat waktu hari itu. Memang teh... godaan bisa datang darimana saja. Termasuk dari sesuatu hal yang sangat kita sukai. Ini nih yang enggak baik buat ditiru. Niatnya produktif, tapi justru jadi marabahaya buat diri sendiri. Akibat siapa ? Akibat diri sendiri yang enggak bisa atur strategi dalam bergiat. Nah, strategi ini yang kemudian saya pelajari dari hari ke hari.
Saya tanya ke teman-teman dan sharing ke orang yang lebih tua dari saya termasuk dosen saya di kampus. Dan waktu itu yang membuat saya justru tertegun karena nasihat Almarhum Bapak saya. Beliau pernah bilang bahwa disiplin dan tepat waktu itu sama seperti halnya kita belajar hidup rapi.

      “Contoh kecilnya, kalau kita terbiasa ngeletakin sepatu di rak sepatu selama kurun waktu 2-3 minggu berturut-turut, paling enggaknya itu jadi kebiasaan kan ? Bahkan tanpa kita pikirkan lagi, itu justru bisa buat kita jadi refleks aja. Habis selesai pakai sepatu ya langsung diletakkan di raknya-lah. Gitu juga dengan disiplin dalam mengatur waktu. Coba biasakan. Berat memang, tapi pasti bisa”, nasihat beliau waktu itu. 

Saya memang selalu kena tegur di rumah sama Mama terutama. Katanya, itu kebiasaan buruk yang enggak ada manfaatnya sama sekali kalaupun dibiarkan terus-menerus. Sampai Mama saya nyeletuk begini, “nanti kalau kebiasaan dari mudanya tukang telat, ntar dapat jodohnya juga hobinya telat. Ujung-ujungnya gak ada yang mengingatkan. Semuanya jadi berantakan. Emang mau kayak begitu?”. Sontak saya menggelengkan kepala sampai ngerasa ngeri sendiri. Ya benar juga kalau dipikir-pikir. Jodoh itu kan cerminan diri (loh kok jadi bahas jodoh sih? hahaha).
Well, inilah yang akhirnya membentuk niat saya semakin bulat supaya hidup dengan rapi. Ya, salah satunya disiplin waktu. Ada banyak manfaatnya sih sejauh ini ketika saya Alhamdulillah sudah mulai bisa tepat waktu.
Pertama, orang-orang sudah tidak lagi marah sama saya karena telat datang dan saya lebih dihargai. Karena bagi orang yang begitu banyak kegiatannya dan kita datang tepat waktu saat melakukan pertemuan dengan orang seperti itu, bagi mereka itu sudah salah satu cara kita menghargai waktu mereka. Maka, mereka pun bakal lebih menghargai kita. Wah, saya disini agak terharu karena dengan mematahkan sedikit demi sedikit ego saya ternyata dampaknya sangatlah besar buat orang lain.
Kedua, saya bisa melanjutkan pekerjaan lainnya dan melakukan kegiatan-kegiatan tambahan yang seringkali diluar daripada jadwal yang saya tuliskan untuk satu hari itu (hehehe berasa banyak amat urusannya sampai pakai acara dicatat segala, neng).
Ketiga, mengurangi kebiasaan lupa. Iya, dikarenakan urusan beres tepat waktu plus kerjaan lainnya juga tidak terbengkalai, saya jadi punya waktu sedikit untuk mereview apa-apa yang sudah saya lakukan dalam satu hari. Bahkan itu membuat saya bisa mengingat kembali kira-kira apa yang kemungkinan saya lewatkan sebelum kembali pulang ke rumah. Jadi, enggak ada alasan lagi tuh misalkan lupa atau apalah. Ya walaupun rasa lupa adalah satu dari sekian banyaknya khilaf yang bisa kapan saja dibuat sama manusia. Terlepas dari itu, saya berusaha untuk benar-benar beresin dulu kerjaan di luar. Karena bagi saya, kalau sudah kembali pulang ke rumah itu tandanya urusan saya di luar sudah selesai.
Kemudian, bicara soal disiplin waktu ini juga membuat saya menukar shift jam menulis saya, yaitu di malam hari sebelum tidur, di sepertiga malam pas saya terbangun sampai menjelang Subuh, dan waktu-waktu libur. Toh kalau bicara soal ide, bakal ada kok datang silih berganti (eaak kayak apa aja yak rasanya hahaha). Ide bisa dilatih dengan berpikir kritis, bisa di charge dengan banyaknya membaca. Jadi, setiap kali di momen-momen tertentu saya ada ide, saya langsung catat di notes yang setiap hari saya bawa. Pas di jam menulis itu, saya buka tuh notesnya dan Alhamdulillah aman-aman saja sejauh ini.
Dulu di awal-awal menyadari nikmatnya hidup teratur, saya malah sempat menyalahkan diri sendiri hehehe (gak baik nih, jangan ditiru ya). Karena saya merasa kok enggak dari dulu-dulu aja sih begininya. Kok harus dimarahin sama keluarga dan temen-temen dulu baru sadar. Kan mereka juga pastinya kecewa sama kita yang enggak on time. Hahaha tapi ya gak apa-apa, saya juga patut bersyukur karena sadarnya belum telat-telat sekali. Alhamdulillah, makasih banyak buat orang-orang yang rewel kebangetan sama saya dari dulu sampai sekarang. Berharap, saling mengingatkan adalah cara paling berkelas untuk bersilaturahim.

2. Sehat terus, semangat terus, bahagia terus.
Resolusi yang ini sih sebenarnya curhat. Lah, emang saya kurang sehat ? Kurang semangat ? Kurang bahagia ? Hemm, jadi begini (*ambil posisi duduk serius).
Saya tipikal orang yang kalau lagi kerja bisa lupa sama kiri-kanan. Kalau kata orang yang lagi kasmaran, berasa dunia milik sendiri-yang lainnya numpang hahaha *apasih. Jadi kebiasaan kerja seperti itu sebenarnya ada baik dan enggaknya. Baiknya, kerjaan kita bisa cepat kelar dan kemungkinan besarnya akan rapi karena dikerjain pakai hati plus fokus. Enggak baiknya adalah kita jadi enggak peka sama sekitar. Yakali, lagi kerja terus temen kita di sebelah lagi ngapain pun kita kayak enggak mau tahu. Pertanyannya, situ orang atau robot ? hehehe.
Jadi kan jadi, saya tuh dulu (hampir) begitu tapi enggak separah itu juga. Misalkan lagi kerja terus ditegur atau ditanyai, ya saya pasti menoleh dan jawab. Terus teman misalkan lagi ngobrol-ngobrol di dekat saya dan topik pembahasannya saya tahu terus mereka butuh bantuan/masukan, saya bakal respon. Begitulah kira-kira.
Nah, saking semangatnya kerja saya sering telat makan terutama makan siang. Karena jam-jam makan siang itu biasanya jam rehat untuk sholat dan makan, saya justru memanfaatkannya sebagai waktu buat lebih santai menyelesaikan pekerjaan. Intinya sih selepas sholat saya lanjut kerja lagi karena rasanya perut saya belum lapar-lapar sekali hahaha. Niatnya melanjutkan pekerjaan sambil nunggu biar perut keroncongan, eh tahunya malah kebablasan enggak lapar-lapar dan lanjut sampai sholat Ashar. Biasanya saya mulai ngerasain cacing di perut marah pas lagi ambil air wudhu. Wayoo, giliran begini saya baru melihat jam tangan dan baru ingat ternyata saya belum makan siang.
Sedikit cerita, saya dulu pernah punya riwayat sakit tifus sampai kepala saya separuh botak waktu SMP. Rambut rontok parah setiap kali sisiran. Kata dokter, itu akibat suhu panas yang kelewat tinggi dari suhu normal badan saya dan obat antibiotik yang dosisnya tinggi. Berat badan turun waktu itu dan rahang pipi sampai kelihatan saking kurusnya. Sempat malu dengan kondisi yang enggak fit waktu itu. Karena orang-orang bakal mandangin saya sebagai orang sakit dan enggak jarang ada rasa kasihan. Tipikal saya agak segan sama orang jadi enggak mau merepotkan sampai harus membuat orang kasihan sama saya. Kalau bisa orang teh tahunya saya baik-baik saja begitu hehehe. Alhamdulillah waktu SMP saya sudah pakai jilbab, jadi botaknya enggak nampak. Begitu pun juga dengan badan saya yang kelewat cungkring. Palingan pipi dan mata saya yang kelihatan jelas lebih cekung dari biasanya.
Sejak itu, dokter bilang kalau penyakit tifus bisa datang kapan saja kalau antibodi tidak dijaga. Kekuatan tubuh juga bakal berkurang, tapi itu semua kembali lagi ke kita. Kalau mau sehat ya jangan telat makan dan istirahat yang cukup. Ternyata, pengalaman itu bukan buat saya jadi ‘kapok’, malah jadi anteng-anteng. Sampai akhirnya, saya ambruk beberapa kali ketika pulang dari kampus. Demam tinggi dan pandangan muter-muter setiap kali buka mata. Ditambah denyut kepala yang sakitnya Masya Allah tak karuan. Akibat kebiasaan buruk seperti itu, saya sering mual dan terasa sesak di bagian ulu hati.
Giliran ditegur kayak gitu tuh, barulah saya mulai sadar (emang ya tabiat manusia hehehe). Alhamdulillah, sekarang sudah jarang sakit (Insya Allah bisa sehat terus) dan teman-teman di kampus yang sempat tahu kondisi saya pernah rentan, mereka membantu saya mengingatkan “jangan lupa makan” atau “makanlah dulu baru lanjutkan kembali pekerjaanmu”. Misalkan mereka tahu kalau saya enggak bawa bekal makan siang, mereka sering berinisiatif membuat porsi makanan saya yang isinya gabungan dari sebagian isi bekal mereka. Saya kadang yang enggak enakan, tapi bahagia sekali rasanya punya teman sebegitu perhatiannya. Alhamdulillah, terima kasih banyak untuk kalian semua. Semoga Allah membalas kebaikannya dengan sesuatu yang lebih baik.

3. Semakin jadi orang yang bermanfaat untuk keluarga dan orang banyak.
Resolusi ini berangkat dari motto hidup saya sejak SMP. Ya, sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW :
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289).
Hobi aktif di organisasi sudah saya mulai sejak SMP dengan bergabung sebagai pengurus OSIS dan Alhamdulillah diamanahkan menjabat sebagai Wakil Ketua OSIS. Belajar dari teman-teman selama berorganisasi juga melatih diri menjadi orang yang punya visi dan misi. Itu sangat penting karena tanpa ada visi misi, hidup kita ya mlompong saja-ya jalan seadanya. Semangat itu juga yang membuat saya begitu aktif di luar selepas kegiatan sekolah.
Di SMA pun saya berinisiatif mendirikan organisasi Rohani Islam (Rohis) pertama kali. Keinginan saya waktu itu sederhana. Ya, saya ingin teman-teman dan adik-adik saya di sekolah punya wadah untuk belajar agama lebih baik lagi. Bergabung di Komunitas Muhajirin Anshor 11 (komunitas dakwah online via whatsapp) juga teramat sangat membantu saya untuk menyusun program-program yang relevan dijalankan. Begitu juga ketika saya masuk sebagai seorang mahasiswa di kampus USU. Bukan main sibuknya saya mempersiapkan diri dan mulai memantau organisasi apa saja yang akan saya ikuti.
Ya, aktif berorganisasi sempat membuat saya sekadar “datang dan pergi” di dalam keluarga. Rumah bukan lagi tempat untuk duduk lama bercengkerama dengan orang di dalamnya, tapi terkesan seperti tempat untuk numpang tidur, makan, dan mandi saja. Dan kali pertama dalam hidup, saya ditegur melalui sakit yang beberapa kali membuat saya ambruk.
Selain karena kesalahan saya yang lupa makan tadi akibat hectic dengan pekerjaan, saya pun lupa bahwa satu-satunya “tempat pulang” ketika diri ini jatuh dan sakit, hanya satu. Yaitu rumah. Di dalam rumah ada Mama. Ya, Mama-lah orang yang sangat paham bagaimana sibuknya saya dengan serentetan jadwal di luar selain kuliah. Mama jugalah yang begitu khawatir ketika melihat wajah saya tidak bersemangat dan terlihat kurang sehat. Ia orang pertama yang tahu bagaimana saya kesulitan bernapas karena gangguan pernapasan saya kambuh kalau saya bergadang selama berhari-hari. Dan Mama juga menjadi sosok yang tak ingin mengabarkan kesedihannya bahwa ia sebenarnya butuh teman cerita di setiap malamnya sebelum tidur. Tapi saya tak berusaha tanya dan mengerti. Benih sombong yang tidak saya sadari justru saya tebar kepada orangtua.
Ketika sakit, saya ngeluhnya sama Mama. Giliran senang-senang dan sehatnya, saya habiskan di luar (kok kayak saya yang egois sendiri yak hehe). Dari kejadian itu, saya akhirnya memutuskan untuk mengurangi keterlibatan dalam banyak organisasi. Keputusan yang mungkin sebagian besar orang menganggap aneh dan tidak dewasa. Tapi tidak untuk saya. Menurut saya, itu urusan duniawi dan keinginan rehat dari hiruk pikuk kegiatan di luar adalah keputusan yang bijak. Sedangkan, urusan akhirat beranjak dari ridhonya Allah dan ridho orangtua yaitu Mama, karena satu-satunya orangtua yang saya punya tinggal beliau seorang.
Namun, bukan berarti saya berhenti total berorganisasi. Saya memilih menyisakan 2 organisasi yang masih saya geluti sampai sekarang. Alhamdulillah, semua berjalan baik-baik saja. Di satu sisi saya bisa punya waktu dengan keluarga dan satu sisi saya tetap bisa aktif berkontribusi dengan masyarakat bersama teman-teman tanpa mengurangi kebebasan saya untuk berpetualang ke tempat-tempat lain.
Tidak ada yang mengurangi nilai kebermanfaatan diri kita selama kita mampu membagi skala prioritas. Aktif berorganisasi serta berkontribusi di luar bukan berarti membuat kita lupa peran dalam agama dan keluarga. Sebagai hamba, sebagai anak, sebagai kakak.
Sebuah kontemplasi diri :
“Untukmu raga, teruslah tumbuh dan berkembang menjadi pribadi lebih baik. Tidak apa kalau semisal ada yang belum paham mengapa kamu begini - begitu. Kita bisa saling bercengkrama dalam batin.
Untukmu raga, teruslah luas dan dewasa dalam langkah pilihan. Tidak apa kalau semisal ada yang belum bisa menerima apa-apa yang kamu prioritaskan ini dan itu. Kita bisa saling mengingatkan dengan bercermin. Tentu, menguatkan adalah satu alasan mengapa saya yakin kalau kita tetap bisa sama-sama menggenggam”

***
Bertumbuh dan berproses adalah dua hal yang sudah sering saya dengar. Tapi di beberapa hal, bagi saya itu sebuah hal baru. Mulai dari mengenal, mengerti, dan memahami pun tengah saya lakukan secara berkala. Mudah-mudahan tak mengurangi makna kehambaan saya di mata-Nya dan peran kemanusiaan saya di mata manusia lain. Semakin banyak belajar, semakin banyak saya tidak tahunya hehe. Semoga jadi muhasabah diri tiada lelah.

Medan, 31 Desember 2017.
Menulis sambil lihatin hiruk pikuk orang lalu lalang di depan rumah hehe.

Baca Artikel Yang Kamu Suka

0 komentar