Esai Diri (Program Friendship From Indonesia 2017, China - Malaysia)

April 16, 2017




Sumber foto : http://gaietyfantasy.blogspot.co.id/2017/03/friendship-from-indonesia.html

Deskripsikan Diri Anda dengan Singkat
Perkenalkan, nama lengkap saya Rizka Gusti Anggraini Sitanggang. Biasa dipanggil Rizka atau Ika. Saya merupakan anak tunggal dari orang tua saya dan berkelahiran 05 Januari 1997 di kota Medan, Sumatera Utara. Saat ini, saya tinggal bersama Ibu dan Nenek, setelah 5 tahun silam Ayah saya meninggal dunia karena sakit. Keseharian saya sebagai seorang anak, mahasiswa, pengurus organisasi internal kampus, anggota komunitas, dan sedang menapaki jejak dengan menggali potensi dalam bidang tulis-menulis. Saat ini, saya tercatat sebagai mahasiswi aktif di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Sumatera Utara dengan mendalami disiplin Ilmu Komunikasi konsentrasi Jurnalistik.
Berkuliah sejak tahun 2014, tidak menuntut saya hanya sekadar menjadi mahasiswa bangku formal, melainkan saya selalu ingin mengaktualisasikan diri di beberapa kegiatan yang merangkul anak-anak muda di sekitar saya agar lebih kreatif, inovatif, dan komunikatif. Tidak hanya itu, saya juga senang melakukan petualangan sejarah, budaya, dan seni dari berbagai sudut tempat. Hal itu sempat beberapa kali saya lakoni dari keaktifan dan semangat mengikuti ragam konferensi, pertemuan, dan forum kepemudaan, baik tingkat regional maupun nasional.
Rasa senang ingin berbagi juga saya terapkan kepada teman-teman di kampus, minimal saya memotivasi mereka untuk benar-benar menjadikan diri sebagai pemuda-pemudi yang bermanfaat. Karena, sebaik-baiknya ilmu adalah yang dibagikan kepada sesama. Menuntut ilmu bukan sekadar untuk konsumsi pribadi, melainkan untuk kebermanfaatan banyak umat. Selain fokus menggeluti dunia pengabdian masyarakat melalui lentera menulis, saya juga berkeinginan menjadi tenaga pendidik. Bagi saya, masalah pendidikan adalah tugas kita sebagai orang-orang terdidik dan kita hadir bukan untuk menanyakan mengapa, melainkan bagaimana solusi atas masalah tersebut. Menyelaraskan antara dunia pendidikan dengan dunia literasi (baca-tulis) tentu merupakan suatu hal menarik. Dimulai dari hobi diri sendiri, tak ada salahnya dijadikan sebagai sumber daya dalam berkontribusi nyata untuk masyarakat.

Apa kontribusi positif yang pernah Anda lakukan untuk masyarakat sekitar Anda?
Berbicara tentang kontribusi, setiap orang pastilah pernah melakukannya, baik itu skala kecil maupun besar. Kontribusi positif yang pernah saya lakukan dimulai dari area saya sendiri, terhitung dari keluarga, saudara, teman, kerabat sepekerjaan, dan masyarakat. Dimulai dari keluarga, jujur sejak Ayah saya meninggal dunia 5 tahun silam, saya meyakinkan diri bahwa apapun yang terjadi selalu memberikan pelajaran dan hikmah. Poin yang saya dapatkan adalah menjadi pejuang pendidikan untuk diri sendiri dan orang lain bukanlah persoalan gampang.
Sejak saat itu, saya mulai bekerja paruh waktu sepulang sekolah sebagai guru private mata pelajaran untuk siswa/i SD dan SMP. Saya belajar bahwa untuk sebuah ilmu perlu usaha yang keras dan tidak main-main. Dari hasil mengajar, saya menyisihkan uang untuk membantu Ibu membayar uang bulanan sekolah. Walaupun tidak banyak, tapi saya yakin hal sedikit itu bisa meringankan beban Ibu yang sampai saat ini menjadi seorang pedagang. Kemudian, kontribusi kepada saudara dimulai dari pekerjaan paruh waktu sejak SMA itu, yaitu mengajar les mata pelajaran. Kebetulan, adik-adik sepupu saya banyak yang masih duduk di bangku TK dan SD. Dengan kemampuan mengajar dan menyukai lingkup anak-anak, saya turut membagikan hal tersebut sebagai hadiah untuk adik-adik saya. Setiap Sabtu dan Minggu, adik-adik sepupu saya akan datang ke rumah dan memberikan waktu dua hari tersebut untuk menjadi guru les bahasa Inggris dan Matematika untuk mereka, secara gratis. Saya berpikir, membangun pemahaman bahwa belajar itu menyenangkan kepada anak-anak usia tumbuh dan berpikir, tentu dibutuhkan motivasi. Oleh sebab itu, ilmu pengetahuan dan motivasi saya seimbangkan kepada mereka, di awal dan akhir setiap sesi pertemuan les.
Lalu, kontribusi kepada teman mulai saya aplikasikan sejak di bangku SMA. Saat kelas 2 SMA, saya bersama 2 orang teman saya menginisiasi organisasi dakwah dan literasi di sekolah. Nama organisasi tersebut adalah Rohani Islam An-Na'im. Bersama dua orang teman itulah, saya mengenal indahnya berbagi dengan apa yang kita sukai. Dunia dakwah dan literasi, dua perpaduan yang padan sekali. Selama setahun, kami membereskan berkas pendirian organisasi dan diajukan kepada Kepala Sekolah. Bersyukurnya, hal itu direspon baik dan di bulan ketiga perintisan organisasi, kami mendapatkan kabar baik bahwa Rohani Islam An-Na’im diberikan satu ruangan sebagai sekretariat. Setelah sebulan mulai penataan sekretariat dan sistem kepengurusan, kami mulai bergerak untuk lebih produktif yaitu membuat Buletin Dakwah yang diterbitkan setiap Jumat, kemudian disebar ke seluruh siswa/i beragama Islam. Untuk biaya cetak dan produksi, kami mengandalkan kontribusi pribadi dan donasi dari beberapa guru di sekolah. Hingga di masa kepengurusan saya sebagai perintis organisasi, bersyukurnya telah ada 2 anggota organisasi yang berhasil mengikuti lomba menulis tingkat SMA se-kota Medan. Semoga semakin banyak yang bergerak di dunia literasi dan dakwah.
Setelah itu, kontribusi ke lingkungan kerabat sepekerjaan. Maksud saya disini ‘sepekerjaan’ adalah sepenanggungan dalam organisasi, terlebih di kampus. Berbicara tentang kontribusi di dunia kampus, saya mulai memfokuskan pada pergerakan dunia literasi. Saya bergabung di organisasi Pers Mahasiswa dan Public Relations. Masing-masing organisasi tersebut mengajarkan saya untuk lebih produktif dalam berkarya tulis. Seperti di Pers Mahasiswa, saya sebagai Reporter dan Koordinator Admin Publikasi, dimana dalam setiap minggu saya wajib menulis minimal satu artikel dan hasil liputan. Sedangkan, di organisasi Public Relations saya sebagai Sekretaris Divisi House of Journal dan bertanggung jawab memproduksi majalah kampus bernama KUMIS (Kumpulan Inspirasi Mahasiswa). Sampai sejauh ini, kami telah menerbitkan hingga Volume 4 dan akan segera terbit Volume 5. Semoga bisa terus berkarya lebih luas lagi.
Terakhir, kontribusi kepada masyarakat. Bagian ini telah membuat saya paham bahwa mengabdi bukan persoalan mudah, melainkan komitmen dan loyalitas benar-benar harus dilakukan secara kontinyu. Saya mulai dari kesempatan terpilih menjadi relawan mengajar di Komunitas 1000 Guru Medan. Selama 3 hari kami mengabdi ke desa paling ujung di Kabupaten Deli Serdang Dusun XV Provinsi Sumatera Utara. Dari kota Medan dibutuhkan waktu 4-5 jam menuju lokasi menggunakan bus mini. Bersama rombongan, saya benar-benar diajak berpetualang ke tempat yang jarang dianggap orang menarik. Tentu, suasana pedesaan sangat menarik bagi saya. Melihat orang-orang desa beramah tamah dan anak-anak bermain tanpa sibuk dengan permainan teknologi, sebuah pemandangan yang apik. Disana, selama 3 hari kami melakukan pengabdian masyarakat, mulai dari perkenalan diri kepada warga setempat hingga membagikan selebaran pengumuman bahwa di hari ketiga, akan ada penyuluhan dan pengobatan gratis bagi seluruh warga di desa tersebut. Di hari ketiga merupakan puncak kegiatan, dinamakan Hari Mengajar Menginspirasi. Ya, saya mendapatkan kesempatan mengajar anak-anak kelas 4 tentang Olahraga. Belajar, bermain, dan bernyanyi bersama tentu menyentuh nurani saya tentang bagaimana mereka begitu menikmati cara belajar yang menyenangkan. Mereka justru telah menginspirasi saya. Terima kasih pada kesempatan waktu itu dan saya terus berniat semoga tidak hanya sampai disitu. Hingga sekarang, saya tetap melakukan pengabdian masyarakat bersama teman-teman kampus di beberapa desa saat masa perkuliahan sedang renggang waktu.

Bagaimana cara yang Anda lakukan untuk membentuk tim yang menyenangkan dan produktif?
            Mengabdi dan melakukan pergerakan positif tentu tidak bisa dilakukan seorang diri. Ya, kita butuh orang-orang yang siap memandu panca indera kita. Dikatakan, sebuah tim solid dan penuh rasa kekeluargaan. Tentu dalam sebuah tim, diharapkan menuju poin “sama dirasa” tidak membutuhkan waktu sekejap. Kita perlu memahami masing-masing karakter dari bermacam-macam kepala. Namun tentu, perbedaan justru yang menjadikan sebuah tim semakin percaya dan kuat. Karena, benar kata orang-orang terdahulu bahwa berbeda itu menarik dan berbagi itu menyenangkan.
Untuk membentuk tim yang menyenangkan dan produktif dimulai dari keterbukaan satu sama lain. Dalam sebuah tim sangat dibutuhkan yang namanya pertemuan kontinyu. Itu akan membuat tingkat keakraban dan saling memahami yang tinggi. Pertemuan dilakukan pun membahas seputar apa yang ingin dicapai dan bagaimana implementasinya. Selanjutnya, dipersilahkan kepada seluruh anggota untuk menyampaikan aspirasi tanpa perlu dikomentari oleh anggota yang lain. Aspirasi disampaikan oleh orang per orang dengan berlandaskan alasan yang jelas dan logis. Masing-masing anggota diharapkan untuk mencatat semua aspirasi yang dituangkan. Jadi, tugas pertama adalah mendengarkan dan tugas kedua adalah mencatat atau menulis. Setelah semuanya selesai, lakukan penggabungan ide dengan tetap memperhatikan aspek-aspek kemungkinannya. Tugas ketiga adalah kolaborasi ide. Tinggal langkah berikutnya adalah eksekusi ide. Disini akan benar-benar terasa bagaimana alur dinamika sebuah tim, mulai dari pasang-surut suasana hati atau emosional hingga ketidakcocokan dalam kerja lapangan.
Kembali lagi ke poin awal bahwa segala sesuatu harus dilandaskan rasa keterbukaan. Sebuah tim bukan lagi bekerja sama-sama dan sama-sama bekerja, melainkan senantiasa mengingatkan untuk tidak berhenti berbuat dan menciptakan bersama. Ya, tugas keempat adalah sebagai alarm atau pengingat sesama. Dari keseluruhan bekerja, tentu setiap manusia butuh apresiasi. Apresiasi akan membuat orang-orang menghargai karyanya dan terus semangat berkarya. Inilah yang akan menjadi cikal bakal orang menjadi produktif. Maka, tugas kelima untuk membentuk sebuah tim yang menyenangkan dan produktif adalah apresiasi atau penghargaan, minimal ucapan terima kasih atas kerja keras tim yang telah menyelesaikan tugas sebaik-baiknya.

Apa yang Anda lakukan dalam menghadapi orang yang tidak Anda sukai?
Dalam sebuah hubungan, tentu ada rasa senang dan tidak senang, suka dan tidak suka, paham dan tidak paham. Dimulai dari orang lain yang tidak senang dengan diri kita maupun diri kita terhadap orang lain. Bagi saya, hal itu terjadi karena masing-masing belum memiliki pemahaman yang cakap tentang keduanya. Istilahnya, orang tidak menyukai kita karena sesungguhnya dia belum mengetahui apa-apa yang dia belum ketahui tentang kita, dan begitu juga sebaliknya. Menanggapi masalah ketidakcocokan, tentu hal itu bisa diminimalisir. Hal pertama yang saya lakukan adalah mencari tahu alasan mengapa saya tidak menyukai seseorang tersebut.
Kedua, bertanya dengan orang-orang terdekatnya seputar karakter orang tersebut. Poin ini bisa membantu kita mengetahui apa yang belum kita ketahui tentangnya. Boleh jadi, penampilan dan perbuatan orang tersebut kepada kita akan berbeda terhadap orang lain. Maka, mengumpulkan informasi dari narasumber yang lebih intens berhubungan dengan orang tersebut adalah bagian yang harus dilakukan.
Ketiga, saya memberikan jarak waktu. Karena emosional diri seseorang bisa menjadi baik dan buruk dipengaruhi oleh situasi, kondisi, dan waktu. Setelah saya benar-benar menemukan waktu yang tepat, poin keempat adalah mendekatkan diri. Ya, cara terbaik untuk meminimalisir rasa tidak suka dengan orang lain yaitu dengan melakukan pertemuan dan pembicaraan lebih sering. Tidak dapat dipungkiri bahwa suatu waktu, pertemuan dan pembicaraan bisa berujung pada sebuah kolaborasi atau kerjasama yang saling menyelamatkan. Atau bisa jadi, orang-orang yang tidak kita suka akan menjadi penolong di detik-detik kita sangat membutuhkan pertolongan. Maka, tidak semestinya terlalu tidak menyukai seseorang, begitu juga sebaliknya. Karena apa-apa yang kita tampak belum tentu sesuai dengan apa yang kita tak tampak. Mencoba menjadi orang yang memahami adalah sederhana dan menurunkan ego bukan berarti mengalah melainkan membuat orang lain juga membuka dirinya kepada kita.

Apa prestasi Anda yang menurut Anda paling berharga?
Perlu diingat, untuk menjadikan diri kita bermanfaat maka tidaklah lupa untuk memantapkan diri semakin baik dari hari ke hari. Tetap bersemangat untuk berprestasi melalui pencapaian-pencapain diri, walau sederhana. Dari setiap pencapaian, saya senantiasa diberikan pemahaman dan pembelajaran bahwa sebagai manusia tidaklah diminta menjadi orang yang lekas berpuas diri melainkan terus memperbaiki diri. Namun, jika ditanya tentang bagian mana yang paling berharga adalah ketika saya meyakinkan diri pertama kali untuk lepas dari zona nyaman dan memaknai kalimat "tidak ada hasil yang mengkhianati proses".
Dari sederetan yang pernah diberi kesempatan, menurut saya menjadi seorang perwakilan provinsi Sumatera Utara di forum kepemudaan Parlemen Remaja Nasional 2013, tentu merupakan sebuah cerita menarik dan tidak bosan-bosannya saya jadikan urutan pertama. Kali pertama saya menjajaki Ibukota Jakarta, kali pertama naik pesawat terbang, dan kali pertama bertatap wajah dengan saudara-saudara setanah air dari Sabang sampai Merauke. Pencapaian yang saya dapatkan dari hobi menulis dan keberanian menaklukkan rasa takut bepergian sendiri. Pengalaman berharga akan menjadi cerita panjang jika dituangkan, tapi hal terpenting dari kesempatan ini bahwa ketika ingin melakukan suatu hal, jangan pernah berpikir hanya kita yang memikirkan hal tersebut. Sebab, di luar sana orang-orang yang sama juga tengah berjuang, hanya belum dipertemukan. Sebuah pertemuan dan kesempatan akan hadir pada orang-orang yang siap dan saya bertekad sejak saat itu untuk menjadi orang yang siap. Siap membangun bangsa.

Apa yang Anda akan lakukan untuk membuat Indonesia disegani di mata Internasional?
Untuk mengharumkan bangsa Indonesia bukan seperti bermain ‘hompimpah’. Butuh niat, usaha, dan doa. Namun untuk menjadikan Indonesia baik di mata dunia, dimulai dari kualitas bangsanya, terutama generasi muda yang akan menjadi tongkat estafet pergerakan dan persatuan Indonesia. Hal yang dapat saya lakukan untuk membuat Indonesia disegani di mata Internasional adalah dengan mensinergikan potensi keberagaman.
Ada banyak keberagaman di Indonesia, mulai dari suku, budaya, bahasa, flora dan fauna, hingga adat istiadat. Dimulai dari hal-hal kecil yang merupakan peninggalan karakter dari zaman nenek moyang terdahulu, yaitu ramah tamah dan gotong royong. Dua hal sederhana yang selalu menjadi ‘point of interest’ karena dengan keberagaman yang dimiliki Indonesia, bangsanya tetap menjunjung tinggi nilai ramah tamah dan gotong royong. Selain itu mengembangkan potensi lokal bersama dengan rekan-rekan pemuda/i Indonesia. Kearifan lokal dan unsur budaya-sejarah menjadi daya tarik dunia untuk lebih mengenal Indonesia yang kaya dengan keberagaman dari berbagai aspek. Dari hal-hal sederhana tersebut, saya bersama rekan-rekan pemua/i Indonesia saling merangkul untuk bersinergi.

Apa motivasi dan harapan Anda dalam mengikuti "Friendship From Indonesia"
Motivasi saya mengikuti “Friendship from Indonesia” karena ingin menjadi bagian dalam kontribusi nyata dari pemuda untuk Indonesia. Sederhananya, motivasi ini saya bulatkan untuk menjadikan diri saya tidak sekadar hidup melainkan benar-benar ada dan bermanfaat buat orang banyak. Sedangkan harapan saya adalah menjalankan motivasi dan tekad saya dengan sebaik-baiknya, berkomitmen dan berkelanjutan. Dari kegiatan “Friendship from Indonesia”, saya berharap perubahan tidak sekadar wacana melainkan saya mulai dari diri saya sendiri untuk kemudian menginspirasi aksi-aksi berani berikutnya.

Baca Artikel Yang Kamu Suka

12 komentar

  1. Mantap kk. Selalu suka sama tulisan kk :)

    BalasHapus
  2. kak waktu pendaftaran itu jawabannya pakai bahas inggris atau indonesia ?

    BalasHapus
  3. Nama Perusahaan ::::: ONE BILLION RISING FUNDGmail ::: onebillionrisingfund@gmail.com
    Salam dari Perancis
    Saya ingin menciptakan kesadaran bagi orang-orang saya di Indonesia tentang Perusahaan Pinjaman bahwa saya mendapat pinjaman dari untuk mengurus tagihan medis orang tua saya dan saya dapat membuka bisnis keluarga untuk mereka
    ONE BILLION RISING FUND adalah perusahaan pinjaman yang datang untuk membantu saya selama krisis keuangan saya dan saya bisa mendapatkan pinjaman Euro15,000.00
    Jadi saya pergi untuk memberi tahu sesama orang Indonesia bahwa jika mereka membutuhkan pinjaman asli dari perusahaan tepercaya, mereka harus menghubungi ONE BILLION RISING FUND karena mereka telah menyelesaikan keraguan saya dan sekarang saya tahu bahwa tidak semua pemberi pinjaman online baik tetapi perusahaan buruk. tidak akan membiarkan kita melihat pemberi pinjaman yang baikSaya telah mendengar dan bertemu banyak pemberi pinjaman palsu ketika saya berada di Indonesia dan mereka semua membuat hidup saya di Indonesia tidak layak karena rahmat Tuhan saya memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan ke Prancis dan sudah 5 tahun sejak saya di sini di Perancis di mana saya bertemu dengan satu-ke-satu agen ONE BILLION RISING FUNDdan dia memperkenalkan memberi saya perusahaan gmail bahwa saya harus menghubungi perusahaan dan dia juga membantu saya mendapatkan pinjaman
    Maksud saya adalah bahwa masih ada pemberi pinjaman online nyata tetapi jika Anda masih tidak yakin bagaimana cara mendapatkan pinjaman, saya akan mendorong Anda untuk menghubungi perusahaan ini dengan Gmail di atas dan saya memastikan bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman dengan lancar dan mudah.
    Bersenang-senang selalu dengan ONE BILLION RISING FUND online
    Gmail sayaAndy Muhammad Dwiandymuhammad.dwi@gmail.com
    Tambahkan ne di Google Hangout
    Tetap PerpesonaNama Perusahaan ::::: ONE BILLION RISING FUNDGmail ::: onebillionrisingfund@gmail.com
    Salam dari Perancis
    Saya ingin menciptakan kesadaran bagi orang-orang saya di Indonesia tentang Perusahaan Pinjaman bahwa saya mendapat pinjaman dari untuk mengurus tagihan medis orang tua saya dan saya dapat membuka bisnis keluarga untuk mereka
    ONE BILLION RISING FUND adalah perusahaan pinjaman yang datang untuk membantu saya selama krisis keuangan saya dan saya bisa mendapatkan pinjaman Euro15,000.00
    Jadi saya pergi untuk memberi tahu sesama orang Indonesia bahwa jika mereka membutuhkan pinjaman asli dari perusahaan tepercaya, mereka harus menghubungi ONE BILLION RISING FUND karena mereka telah menyelesaikan keraguan saya dan sekarang saya tahu bahwa tidak semua pemberi pinjaman online baik tetapi perusahaan buruk. tidak akan membiarkan kita melihat pemberi pinjaman yang baikSaya telah mendengar dan bertemu banyak pemberi pinjaman palsu ketika saya berada di Indonesia dan mereka semua membuat hidup saya di Indonesia tidak layak karena rahmat Tuhan saya memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan ke Prancis dan sudah 5 tahun sejak saya di sini di Perancis di mana saya bertemu dengan satu-ke-satu agen ONE BILLION RISING FUNDdan dia memperkenalkan memberi saya perusahaan gmail bahwa saya harus menghubungi perusahaan dan dia juga membantu saya mendapatkan pinjaman
    Maksud saya adalah bahwa masih ada pemberi pinjaman online nyata tetapi jika Anda masih tidak yakin bagaimana cara mendapatkan pinjaman, saya akan mendorong Anda untuk menghubungi perusahaan ini dengan Gmail di atas dan saya memastikan bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman dengan lancar dan mudah.
    Bersenang-senang selalu dengan ONE BILLION RISING FUND online
    Gmail sayaAndy Muhammad Dwiandymuhammad.dwi@gmail.com
    Tambahkan ne di Google Hangout
    Tetap Perpesona

    BalasHapus
  4. Nama Perusahaan ::::: ONE BILLION RISING FUNDGmail ::: onebillionrisingfund@gmail.com
    Salam dari Perancis
    Saya ingin menciptakan kesadaran bagi orang-orang saya di Indonesia tentang Perusahaan Pinjaman bahwa saya mendapat pinjaman dari untuk mengurus tagihan medis orang tua saya dan saya dapat membuka bisnis keluarga untuk mereka
    ONE BILLION RISING FUND adalah perusahaan pinjaman yang datang untuk membantu saya selama krisis keuangan saya dan saya bisa mendapatkan pinjaman Euro15,000.00
    Jadi saya pergi untuk memberi tahu sesama orang Indonesia bahwa jika mereka membutuhkan pinjaman asli dari perusahaan tepercaya, mereka harus menghubungi ONE BILLION RISING FUND karena mereka telah menyelesaikan keraguan saya dan sekarang saya tahu bahwa tidak semua pemberi pinjaman online baik tetapi perusahaan buruk. tidak akan membiarkan kita melihat pemberi pinjaman yang baikSaya telah mendengar dan bertemu banyak pemberi pinjaman palsu ketika saya berada di Indonesia dan mereka semua membuat hidup saya di Indonesia tidak layak karena rahmat Tuhan saya memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan ke Prancis dan sudah 5 tahun sejak saya di sini di Perancis di mana saya bertemu dengan satu-ke-satu agen ONE BILLION RISING FUNDdan dia memperkenalkan memberi saya perusahaan gmail bahwa saya harus menghubungi perusahaan dan dia juga membantu saya mendapatkan pinjaman
    Maksud saya adalah bahwa masih ada pemberi pinjaman online nyata tetapi jika Anda masih tidak yakin bagaimana cara mendapatkan pinjaman, saya akan mendorong Anda untuk menghubungi perusahaan ini dengan Gmail di atas dan saya memastikan bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman dengan lancar dan mudah.
    Bersenang-senang selalu dengan ONE BILLION RISING FUND online
    Gmail sayaAndy Muhammad Dwiandymuhammad.dwi@gmail.com
    Tambahkan ne di Google Hangout
    Tetap Perpesona

    BalasHapus
  5. Nama Perusahaan ::::: ONE BILLION RISING FUNDGmail ::: onebillionrisingfund@gmail.com

    Salam dari Perancis

    Saya ingin menciptakan kesadaran bagi orang-orang saya di Indonesia tentang Perusahaan Pinjaman bahwa saya mendapat pinjaman dari untuk mengurus tagihan medis orang tua saya dan saya dapat membuka bisnis keluarga untuk mereka

    ONE BILLION RISING FUND adalah perusahaan pinjaman yang datang untuk membantu saya selama krisis keuangan saya dan saya bisa mendapatkan pinjaman Euro15,000.00

    Jadi saya pergi untuk memberi tahu sesama orang Indonesia bahwa jika mereka membutuhkan pinjaman asli dari perusahaan tepercaya, mereka harus menghubungi ONE BILLION RISING FUND karena mereka telah menyelesaikan keraguan saya dan sekarang saya tahu bahwa tidak semua pemberi pinjaman online baik tetapi perusahaan buruk. tidak akan membiarkan kita melihat pemberi pinjaman yang baikSaya telah mendengar dan bertemu banyak pemberi pinjaman palsu ketika saya berada di Indonesia dan mereka semua membuat hidup saya di Indonesia tidak layak karena rahmat Tuhan saya memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan ke Prancis dan sudah 5 tahun sejak saya di sini di Perancis di mana saya bertemu dengan satu-ke-satu agen ONE BILLION RISING FUND dan dia memperkenalkan memberi saya perusahaan gmail bahwa saya harus menghubungi perusahaan dan dia juga membantu saya mendapatkan pinjaman

    Maksud saya adalah bahwa masih ada pemberi pinjaman online nyata tetapi jika Anda masih tidak yakin bagaimana cara mendapatkan pinjaman, saya akan mendorong Anda untuk menghubungi perusahaan ini dengan Gmail di atas dan saya memastikan bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman dengan lancar dan mudah.

    Bersenang-senang selalu dengan ONE BILLION RISING FUND online

    Gmail sayaAndy Muhammad Dwiandymuhammad.dwi@gmail.com

    Tambahkan ne di Google Hangout

    Tetap Perpesona

    BalasHapus
  6. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  7. Nama Perusahaan::"":":":"ONE BILLION RISING FUND
    Gmail Perusahaan:":":":":"::"onebillionrisingfund@gmail.com                       
    Selamat siang
    Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""onebillionrisingfund@gmail.com"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "

    BBM: D8E814FC 


    Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah

    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))

    Allahu akbar

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum, saya GOBERTO SURYAWAN sangat senang karena saya mendapat pinjaman kedua dari RYAN CEANIC LOAN FIRM dan kali ini saya mendapat pinjaman sebesar Rp. 330 juta setelah saya diminta melakukan pembayaran untuk biaya asuransi pinjaman dan biaya transfer, semua pujian jatuh kepada ALLAH, saya mendapat pinjaman sebesar Rp. 330 juta dari RYAN CEANIC LOAN FIRM semoga ALLAH memberkati mereka semua, saran saya kepada mereka yang mencari pinjaman di situs ini adalah mereka harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu, RYAN CEANIC LOAN FIRM adalah salah satu yang terbaik secara online pemberi pinjaman untuk pinjaman 100%, hubungi mereka di (ryanceanicloanfm@protonmail.ch) atau whatsapp +4915772501298. Email saya sendiri adalah (gobertosuryawan627@gmail.com)

    BalasHapus
  9. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  10. Nama Perusahaan::"":":":"ONE BILLION RISING FUND
    Gmail Perusahaan:":":":":"::"onebillionrisingfund@gmail.com                       
    Selamat siang
    Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""onebillionrisingfund@gmail.com"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "

    BBM: D8E814FC 


    Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah

    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))

    Allahu akbar

    BalasHapus
  11. Nama Perusahaan::"":":":"ONE BILLION RISING FUND
    Gmail Perusahaan:":":":":"::"onebillionrisingfund@gmail.com                       
    Selamat siang
    Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""onebillionrisingfund@gmail.com"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "

    BBM: D8E814FC 


    Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah

    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))

    Allahu akbar

    BalasHapus
  12. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus