Rasa ; Hadirnya Mengajarkan Ikhlas

Agustus 05, 2017

 
Tidak ada sesuatu hal yang tidak dititipkan rasa oleh-Nya. Entah itu kecil atau besar, yang pasti tugas kita adalah menafkahi rasa dengan asupan hati seimbang-imbangnya. Jangan sampai, amanah-Nya menjadi alasan kita melakukan sesuatu agar sekadar mendapatkan rasa.

            Aduh, kalimat pembukanya rada ribet ya hehehe. Maklum, penulis blognya lagi ngawur ngidul karena lagi sulit mendeskripsikan isi hati (wehee, kayak beneran aja). Jadi begini (uhuk), entah mengapa saya ingin menuliskan ini sejak lama. Hanya saja, menuliskan bagian ini perlu mood yang cukup baik supaya ngena di hati hehehe. Alhamdulillah, mudah-mudahan bisa jadi pembelajaran bersama.
            Sesuai dengan judulnya, kali ini saya mau ngajak pembaca buat baper hahaha. Enggak sih, bapernya juga enggak sampai gimana-gimana. Ini tentang kisah ‘cemewew’ versi saya di masa dulu. Maklum, namanya juga darah muda darahnya para remaja (leh jadi nyanyi dia mah), tentu pernah mengalami jatuh sampai patah hati terseok-seok. Sampai nangis, sampai ngira Allah itu gak adil, sampai ngerasa kok begini amat ya, sampai usaha banget supaya si dia menerima kita. Dan ternyata, itu semua fiktif. Sebenarnya Allah itu sayang banget makanya digeplak dulu. Bukan digeplak pakai tutup panci, tapi dengan ujian agar kita belajarnya paket komplit.

Kagum dengan Ketua OSIS.
            Ehe, kalau ingat ini ya Masya Allah lucunya malu-maluin. Ini waktu saya SMP (serius, SMP aja uda begini gimana coba SMA-nya hahaha eiits baca dulu yaak). Pertama kali dalam sejarah akhirnya saya kagum dengan sosok yang satu ini. Semuanya dimulai sejak saya memutuskan bergabung dalam OSIS. Jadilah saat kelas 2 SMA, ada beberapa kandidat calon Ketua OSIS yang akan maju untuk pemilihan umum (pemilu). Selama seminggu sebelum pemilu kami pun menyiapkan bahan materi kampanye. Ada 3 kandidat ketua OSIS pada saat itu. Saya, si ‘dia’, dan satu orang teman saya.
            Bisa dibilang dalam seminggu itu kita kerap diskusi bareng sampai sepulang sekolah juga kita sempatkan untuk bahas dan latihan. Meski dibilang kita bersaing, tetap prinsip sportif diajarkan oleh guru. Jadi, pembina OSIS yaitu guru kami sendiri meminta kami untuk melakukan kampanye secara transparan. Alhamdulillah, materi demi materi telah kita susun. Bahkan kita saling bantu untuk membentuk visi misi masing-masing calon.
            Setelah seminggu berjuang melakukan yang terbaik, tibalah hari dimana kami menyerahkan hak suara kepada teman-teman. Sembari teman-teman menggunakan hak suaranya, kami bertiga dikumpulkan di ruang guru. Iya, supaya menghindari kampanye-kampanye lain hehehe. Berhubung teman saya sedang berbincang dengan guru yang ada di ruangan itu, saya dan si dia pun sesekali bertukar tanya. Lupa sih tepatnya dia nanya apa duluan ke saya lalu akhirnya saya malah nyambung sampai ketawa-ketiwi. Cieee, mulai bersemi nih ? Belum hahaha.
            Singkat cerita, akhirnya si dia yang memenangkan pemilu kala itu. Jujur, saya sempat nangis di belakang sekolah karena teman-teman pada ngelus-ngelus pundak saya jadi kayak berasa sedih banget hahaha. Tapi, sewaktu bel istirahat kedua berbunyi, saya berpapasan dengan si dia saat keluar dari kantin untuk beli minuman dingin. Tanpa ragu, dia memberi senyum kepada saya. Begitupun saya membalasnya. Lalu, saya mengarahkan tangan kanan ke arahnya.
            “Selamat ya atas kemenangan kamu. Semoga amanah jadi Ketua OSIS”.
            “Amin, makasih ya uda banyak bantu aku selama kampanye. Kamu gapapa?,” tanyanya ketika melihat mata saya agak sembab. Emang sih saya nangisnya agak lamaan tanpa suara, tapi ya gitu masih ketara hahaha malu banget ini.
            “Ha aku? Emang kenapa?”, tanya saya lagi masih pura-pura bego.
            “Itu, mata kamu sembab. Kamu kenapa? Abis nangis?”, tanyanya lagi dan kali ini mengarahkan telunjuk ke matanya sendiri.
            “Ha? Mataku? Oh gapapa, tadi pas cuci muka itu kemasukan air jadi rada merah makanya agak bengkak,” jawab saya setengah canggung.
            “Oooh aku pikir kamu nangis. Yaudah, aku ke kantin dulu ya”, balasnya seraya meninggalkan saya dan teman-teman.
***
            Karena berdasarkan hasil pemilu suara saya hanya beda 2 poin dengan dia, maka otomatis saya terpilih menjadi Wakil Ketua OSIS 1 dan teman saya menjadi Wakil Ketua OSIS 2. Lantas, bagaimana kami selanjutnya? Alhamdulillah, seminggu kemudian kita langsung dilantik dan siap bertugas selama satu tahun kepengurusan.
            Hari demi hari kita sering barengan, bahkan saya lebih sering diskusi tugas sama Ketua OSIS karena Waketum 2 punya kesibukan lain di organisasi Palang Merah Remaja (PMR). Pernah satu hari, diskusi kita belum kelar sampai jelang maghrib untuk mempersiapkan Gebyar Ekskul –acara paling besar pertama dalam program kerja OSIS selama ini–. Dikerjakan di awal bulan karena persiapannya harus mateng dan konsepnya sedikit berubah, lebih terperinci.
            Alhasil, di suatu sore itu saya bolak-balik ngelihatin jam tangan saya.
            “Riz, uda hampir gelap. Kita udahin aja rapatnya ya, lagian kita cuma rapat berdua begini sampai malam enggak enak juga dilihatin anak-anak ekskul. Disangkain kenapa kan”, katanya sambil melihat-lihat mata anak-anak ekskul drumband yang masih semangat latihan sampai sore.
            “Serius gapapa nih kalau kita udahin rapatnya? Iya sih, soalnya aku naik angkot juga takut ntar kemaleman susah dapat angkot karena pasti bakal penuh. Rumah aku jauh”, kataku sambil nyengir.
            “Kamu gak dijemput?”
            “Enggak”
            “Yaudah, aku temenin sampai nunggu angkot deh di seberang sana kan?”
            “Hah? Gak usahlah. Aku sendirian juga berani kok. Pasti masih rame juga yang nunggu angkot hehehe”
            “Gapapa kali. Lagian rumah aku kan di komplek belakang sekolah”
            “Oh bener nih gapapa?”
            “Iya gapapa. Yaudah yok buruan. Itu berkasnya jangan sampai tinggal”
           
            Ini kali pertama saya jalan sama laki-laki selain Bapak saya. Sejujurnya saya enggak berani, lebih tepatnya malu sih sama orang-orang. Dari dulu Bapak saya selalu tegaskan kalau cukup beliau saja yang jadi laki-laki yang antarjemput saya selama beliau masih sanggup ngejagain saya. Ya, emang jalan dari sekolah ke tempat nunggu angkot agak gelap kalau jelang malam tapi tetap ramai orang lalu lalang.

***
            Selepas hari itu, saya selalu nolak kalau dia mau ngantarkan saya lagi. Saya jelaskan alasan penolakan karena orangtua, terlebih amanah Bapak. Jadi, demi memudahkan komunikasi kalau ada keperluan mendadak, kami pun bertukar nomor. Beberapa kali percakapan kita berujung pada candaan kalau urusan OSIS sudah kelar. Saya menanggapinya masih biasa saja, sampai akhirnya dia mulai menanyakan hal-hal seputar keseharian saya. Lagi ngapain, sudah makan apa belum, ingatin saya kalau telat makan nanti sakit, kalau malam jangan begadang, sampai yang lain-lain.
            Sebagai perempuan normal dan labil super standardnya anak SMP hahaha, saya juga merespon balik tapi kalau boleh jujur memang hanya sebatas kagum. Sekadar seru aja gitu ada temen ngobrol dan ketawa-ketiwi. Sampai akhirnyaaaa.. pada suatu hari (ceilah), itu orang ngomong gitulah kan (agak geli ngetik di bagian ini serius). Tapi begonya saya, langsung to do point nolak tanpa mikir panjang.
            “Sorry, aku gak bisa. Gak dikasih sama Bapak, nanti ketahuan Bapak aku bisa kena marah,” kata saya waktu itu yang jujur emang takut banget sama aturan Bapak.
Kenapa saya bilang bego ?
Yap, bisa dibilang saya cewek pertama yang nolak dia (mungkin jadi sejarah kaliya buat dia). Karena waktu itu dia sampai meyakinkan gitu kalau sekolah saya bakal baik-baik aja. Tetap saja, hati saya bilang enggak bisa. Padahal, kalau saya mau untuk berpikiran ‘matrek’ ya bisa-bisa aja. Beliau itu cukup dikagumi oleh cewek-cewek di sekolah selain dia emang anak orang kaya, hitam manis, dan tinggi (ya cewek sih biasanya pada suka cowok tinggi ya haha maybe). Hemm, mungkin dia masuk kategori cowok idaman pada masa itu.

***
            Suatu hari, saya sampai nanya ke dia, “kamu kenapa bisa suka sama saya ?”.
Dengan plong dan tanpa berdosanya itu orang, dia bilang, “karena kamu jago main basket dan suka olahraga”.
PLAK! Gelinyaaa saya setengah mati dengar anak SMP ngomong begitu (a.k.a saya juga masih SMP kaan). Pengen lempar bola basket gitu ke dia, pengen nendang pake jurus apa aja yang saya inget waktu itu, pengen nge-smash itu orang kayak bola bulutangkis, dan pengen teriak bilang gini, “duh kamu ngegemesin ya, pengen ditabok mau ndak ?”.
But as a normal girl, saya enggak bisa ngelakuin hal konyol di atas. Setomboi-tomboinya diri, saya masih punya hati nurani dan memilih untuk mengutarakan baik-baik. Apalagi waktu itu, kita uda mau beranjak kelas 3 SMP. Sudah tahu etika pasti.
“Kita kan masih sekolah. Kamu ketua OSIS, aku wakil. Kita dekat dan semua orang di sekolah tahu. Bisalah kita untuk berteman baik aja ya. Aku mau sekolah jauh, cita-citaku tinggi dan banyak lagi pengen aku pelajari. Kasian kali kalau nanti kita ngedate tapi aku malah bawa buku kan hehehe,” balas saya dengan bercanda.
Jadi, setelah saya tolak, kita malah makin dekat dan sering ngobrol sepulang sekolah di meja OSIS dekat ruang guru. Dan kata-kata saya barusan itu, saya utarakan kira-kira sebulanan setelah penolakan itu hehehe. Mungkin, sebulan adalah waktu tercepat buat orang yang bisa nerima baik-baik kalau orang yang dia suka emang enggak bisa nerima.
Hebatnya, rasa kagum saya ke dia tetap enggak berubah. Bagi saya, dia itu laki-laki humoris, terkadang konyol, unik, berseni, rendah hati, penyayang (terbukti dengan rajinnya dia jemput Mama-nya pulang kerja di Bank Indonesia, secara emang dia anak paling besar dan Papa-nya sering tugas ke luar kota *tahu banget ya saya hehehe).
Selain itu, dia itu teman ngobrol yang asik karena enggak pernah kehabisan topik pembicaraan. Dia tidak pernah membuat saya bosan. Teman main basket yang sportif karena dia enggak pernah sekalipun pura-pura untuk kalah dari saya supaya saya suka dan luluh gitu sama dia. Enggak, dia enggak pernah gitu. Ya kalau dia menang ya menang dan saya harus siap nanggung kekalahan. Gitu juga sebaliknya.
Pernah dia nanya, “kamu main basketnya bagus, kamu emang les basket ya?”
Saya jawab, “enggak, aku diajarin sama Bapak. Hampir semua olahraga dia bisa, jadi aku enggak perlu repot-repot cari guru olahraga sendiri”
Dia nanya lagi, “Ka, kamu segitu dekat kali ya sama Papa kamu? Kamu itu anak tunggal, tapi yang kulihat kamu itu enggak manja”
Jujur sih, saya agak senang dibilang ‘enggak manja’ meski memang nyatanya saya emang enggak pernah manja kebangetan sama orangtua. Kalau minta apa-apa tetap mikirlah dan enggak semua saya minta lantas dituruti.
“Iya, Bapak itu temen segala hal. Bisa jadi abang juga. Semualah pokoknya. Makanya, waktu kamu nembak aku, yang ada aku langsung ngebayangin wajah Bapak. Kamu tau gak? Sebenarnya aku kagum samamu sejak lama. Bisa aja aku nerima dan mencoba suka samamu terus sekolahku bakal tetap baik-baik aja. Kan yang sekolah aku, yang belajar juga aku. Tapi, aku masih cukup sama kasih sayang Bapak. Jadi, maaf kalau waktu itu kamu marah,” jelas saya.

***
Terus, saya tadi bilang dia itu unik. Iya, dia suka ngoleksi uang receh yang uda lama-lama itu hahaha. Saya hectic banget sama barang langka dan rada jadul. Bahkan, setelah dia tahu kesukaan saya itu, ternyata diam-diam dia minta tolong sama Mama-nya buat ngumpulin uang-uang logam jadul yang ada di kantor. Dan di suatu sore seperti biasa waktu ngobrol di meja OSIS, dia ngeluarin kaleng dan terdengarlah suara ‘krenceng-krenceng’ logam dari dalam kaleng.
“Buat kamu,” katanya tiba-tiba sambil menyerahkan kaleng itu.
“Ini apa?,” tanya saya yang masih memandangi kaleng itu.
“Logam jadul. Aku minta sama Mama dari kantornya. Simpan ya,” katanya.
Tanpa mikir panjang, saya langsung membuka isi kaleng itu dan menemukan banyak sekali jenis logam jadul disana bahkan beberapa ada uang kertas jadul dari Indonesia dan negara Asia lainnya. Saya inget, waktu itu saya benar-benar senang sekali sampai saya melontarkan kata-kata yang mungkin rada nyeleneh.
“Kaleng ini bakal aku simpan, aku jaga. Meski nanti kita bakal pisah jauh, aku tetap jaga. Meski aku sampai kapanpun enggak bisa nerima kamu untuk lebih dari sekedar temen, percaya kalau kaleng ini bakal aku jaga. Lain kali, kamu enggak perlu minta tolong sama Mama, karena bakal lebih seru kalau kita nyari uang-uang jadul itu bareng-bareng. Jadi kalau kondisinya gitu, hemm kayaknya boleh deh aku kasih kamu kesempatan buat jadi pacar aku, ya hitung-hitung sehari kan cukup ya? hehehe”
Nyaris. Nyaris aku ketawa terbahak selepas ngomong gitu. Dia yang kaget dengar saya ngomong gitu, langsung pasang wajah melongo. Cepat-cepat saya gelengkan kepala dan minta maaf sambil masih terkekeh sendiri.
“Bercandamu itu kadang buat aku spot jantung, Ka,” katanya.
“Hahahaha maafloooh. Kamu tetep jadi teman baik aku sampai kapanpun. Makasih banyak ya. Semoga nanti pacarmu enggak konyol kayak aku hahaha”
“Iyaa aku tau kok. Makasih banyak uda jadi temanku ya, Ka. Mudah-mudahan pacarku memang jangan kayak kamu, Ka. Enggaklah, gak mau lagi ditolak hahaha,” balasnya sambil tertawa juga.

***
Saya tahu, dia itu anak baik-baik bahkan sampai sekarang (setelah beberapa kali kita sempat ngobrol lagi lewat DM Instagram karena saya duluan yang negur untuk nanya kabar dan waktu itu saya menuruti permintaannya untuk follback hehe). Saya juga tahu, masa SMP memang masih terlalu dini untuk ngomongin soal kagum-kaguman, tapi dia ngasih saya kesempatan pertama kali untuk memilih antara ego sendiri atau hal yang lebih baik di depan sana.
Lagi, saya tahu kalau sekarang dia ternyata memilih sendiri sampai tiba waktu yang tepat dengan terus semangat berkarir (iya, dia sempat curhat dengan saya di DM). Saya bangga, saya kagum, dan akan terus kagum dengan orang-orang yang berproses. Seengaknya teman berproses saya juga makin nambah hehehe. Asik kan ya kalau positifnya rame-rame gitu. Lalu, saya pun turut mendoakan supaya dia segera menemukan sosok yang tepat dan bisa menerimanya lebih dari sekedar temen. Bukan malah menolaknya mentah-mentah macem saya dulu hahaha.
Begitupun, kaleng logam jadul akan jadi kenangan masa SMP yang akan saya ceritakan kelak ke generasi berikutnya tentang rasa ikhlas. Bahkan bakal saya ceritain juga kok nanti sama Babang (hehe) yang akan dampingi dan menempatkan hati di satu-satunya podium terbaik sebagai lelaki hebat setelah Almarhum Bapak saya, Insya Allah selamanya.
Buat apa?
Iya, supaya kita sama-sama tahu kalau ternyata ada orang yang pernah kita ikhlaskan untuk seseorang yang memang diridhoi-Nya. Jadi kita enggak perlu menutupi masa lalu. Karena tanpa mereka, kita enggak akan belajar untuk melompat lebih tinggi dan ketemu sama yang benar-benar pasti (sampai sekarang, saya juga belum nemu hahaha).

***     
Tapi emang benerlah, ngejagain satu anak perempuan itu lebih ribet ketimbang ngejagain 100 ekor sapi atau lebih. Gitulah istilahnya. Nah, kalau dipikir-pikir lagi nih sekarang, emang waktu itu ada bagusnya juga saya enggak nerima dia. Bukan sombong sih ya, apalagi sok jual mahal juga (emang saya uda gimana banget sampai harus gitu hahaha dekil begini ya ampun). Tapi percaya sama kata-kata orangtua itu Insya Allah enggak akan buat kita terjerumus ke hal-hal yang enggak baik kok. Walau sulit diterima karena faktor usia yang pengen bebas dan lasak kemana-mana, it’s okay enggak jadi masalah. Asalkan, tetap patuh sama orangtua. Sebandel apapun kita, kalau masih ada rasa takut sama Bapak-Ibu, saya yakin itu orang bakal jadi orang bertanggungjawab sesuai porsinya.
Ya meski pada akhirnya sampai sekarang saya tetap ngejomblo (at least 20 tahun lebih 7 bulan coyy hahaha), Alhamdulillah, saya belum pernah pacaran. Ya meskipun terakhir di masa SMA pernah dekat dengan seseorang (sampai orangtua saya juga tahu karena anaknya nekad datang ke rumah dengan modus minjem buku catatan saya hahaha), tentu sama halnya dengan cerita ini. Ujung-ujungnya saya nolak kalau untuk status kekinian itu hehe. Sampai teman-teman saya di kampus bilangin saya jomblonya parah banget. Sampai dikira saya ini enggak normal (astaghfirullah) dan sampai disangka saya ini uda mati rasa hahaha. Duh, jauh-jauhin yaaa dari dua prasangka itu.
Hemm saya cuma belum menemukan. Kalaupun ada, saya juga belum tahu siapa orangnya. Entah dekat atau jauh, entah teman lama atau kenalan baru, entah cepat atau lambat bakal ketemu, entahlah siapa hahaha.
Saya yakin, kalau kita menjaga tentu seseorang dimanapun ia berada juga tengah melakukan hal yang sama. Tinggal lagi, belum waktunya dipertemukan. Meski belum saya temukan jawabannya dan membuktikan filosofi itu bener atau enggak, saya tetap berusaha mengikuti kata hati.
Seperti kata seorang sahabat lama saya yang sudah lama sekali tidak kontakan dan terkadang rindu juga untuk mengobrol tentang mimpi sekolah bareng ke Jerman. Ia mengatakan, “apapun kondisimu dan dimanapun posisimu, tetap selalu ikuti kata hatimu karena ia takkan pernah berbohong”.
Semoga sahabat saya tetap sehat dan suatu saat bisa bertemu.

***
              Tentang rasa, akan ada masa dimana kita belajar ikhlas dan tidak memaksakan ego sendiri. Tentang rasa, harusnya memang patut disyukuri karena tandanya kita normal dan satu dari sekian banyak nikmat-Nya adalah dengan ditanamkannya rasa itu kepada kita. Jadi, kita enggak seharusnya merasa sedih karena ditolak. Kita juga enggak semestinya menunggu sampai orang tersebut membuka hati dan menerima kita di kemudian hari, eh tahu-tahunya dia enggak sama kita hehe. Dan kita tak sepatutnya menganggap bahwa rasa mesti selalu diwujudkan dengan ‘ikatan tak resmi sebelum waktunya’. Kalau sudah yakin dan siap, kenapa harus menunda niat baik ? Tapi, menyegerakan itu bukan harus terburu-buru loh.
            Ya, dari cerita saya ini semoga kita bisa sama-sama belajar.
            Enggak jauh-jauhlah pasti kita semua pengennya menjadi pribadi lebih baik. Intinya, jangan malu untuk memperbaiki diri sekalipun itu bakal kena ledek temen-temen dekat. Toh sebenar-benarnya teman itu akan selalu mengingatkan bukan malah mendukung yang jelas-jelas ada larangannya. Saya juga tengah belajar kok. Sembari belajar juga berdoa supaya dipertemukan dengan yang sevisi-misi. Inginnya bisa lanjut sekolah sama-sama, memulai sama-sama, membangun sama-sama hingga mengangkasa bersama. Tentunya, tetap memegang prinsip ‘kesederhanaan’.
 
***
            Buat teman-teman, jangan bingung apalagi sampai keliwehan galau karena kagum sama seseorang. Lantas ingin memiliki ? No no no! Itu hanya perasaan sesaat. Ikhlaskan saja ketika rasa itu hadir, kemudian tingkatkan kualitas diri. Mudah-mudahan bakal diarahkan tuh rasanya ke arah yang lebih baik. Ibarat kompas kan ya hehehe. Apa yang kita tanam, itulah yang akan kita tuai. Kurang lebih seperti itu.

Medan, 05 Agustus 2017
Diurna Rizka.

Baca Artikel Yang Kamu Suka

0 komentar